Instrumen non tes
Aktivitas Mahasiswa
A. Skala
Lajuan
1. Numerical
rating scale
No.
|
Aspek yang di
ukur
|
Alternatif
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Mengerjakan tugas dengan baik
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
3
|
Berbicara baik dan sopan kepada guru
|
|
|
|
|
|
4
|
Tertib didalam kelas
|
|
|
|
|
|
5
|
Memerhatikan guru pada saat proses
belajar berlangsung
|
|
|
|
|
|
6
|
Tudak menggunakan HP pada saat belajar
|
|
|
|
|
|
Keterangan
5:Sangat sering
4:Sering
3:Cukup sering
2:Tidak sering
1:Sangat tidak sering
2. Descriptive
Graphic Rating Scale
No.
|
Aspek yang di
ukur
|
Alternatif
Penilaian
|
||
Kategori
|
Grafik
|
Kategori
|
||
1.
|
Mengajukan pendapat
|
Sangat logis
|
! ! ! ! !
|
Tidak logis
|
2.
|
Memberikan pertanyaan
|
Sangat tepat
|
! ! ! ! !
|
Sangat tepat
|
3
|
Aktivitas siswa
|
Sangat Aktif
|
! ! ! ! !
|
Tidak aktif
|
4
|
Menyangga jawaban yg telah diberikan
|
Sangat Lancar
|
! ! ! ! !
|
Tidak lancar
|
5
|
Memberikan kesimpulan
|
Sangat akurat
|
! ! ! ! !
|
Tidak akurat
|
B. Bagan
Partisipasi
No.
|
Nama
|
Kualitas
Kontribusi
|
|||
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
1
|
Doni
|
|
|
|
|
2
|
Ifa
|
|
|
|
|
3
|
Tini
|
|
|
|
|
4
|
Wiwi
|
|
|
|
|
5
|
Sandra
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat baik:Menyampaikan gagasan
baru
Baik:Menyampaikan pendapat yang
logis
Cukup:Menyampaikan pendapat yang
tidak logis
Kurang:Menyampaikan pendapat yang
tidak releven
C. Observasi
No.
|
Siswa
|
Aktivitas
Siswa
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7a
|
7b
|
7c
|
||
1
|
Dodi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Renaldi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sartika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dewi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Sasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Indah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ilham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.Menyimak
penjelasan guru
2. Kerjasama di
kelompoknya
3.Aktif berdiskusi
4.Mengeluarkan pendapat
yang logis
5.Mengajukan pertanyaan
yang relevan
6.Menjawab pertanyaan
dengan benar dan tepat
7.Perulaku yang tidak
relevan dalam KBM
a.
Membicarakan ha-hal yang tidak berhubungan dengan materi
b.
Keluar masuk kelas
c.Bermain-main
D. Self
Assesment
No.
|
Bentuk-Bentuk
Asal Keluarga
|
Tanggapan
|
|
1
|
0
|
||
1
|
Masalah asal mula keluarga
|
|
|
2
|
Teori-teori asal mula keluarga
|
|
|
3
|
Kondisi-kondisi Pertumbuhan keluarga
|
|
|
4
|
Keluarga inti dan keluarga besar
|
|
|
5
|
Bentuk-bentuk perkawinan
|
|
|
Keterangan:
1:Mengerti
0:Tidak mengrti
Tugas
Mahasiswa
A. Skala Lajuan
1. Numerical
rating scale
No.
|
Aspek yang di
ukur
|
Alternatif
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Masuk belajar tepat waktu
|
|
|
|
|
|
2
|
Aktif dalam proses belajar
|
|
|
|
|
|
3
|
Ikut berpartisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
|
4
|
Berpakain rapi
|
|
|
|
|
|
5
|
Tidak bermain dalam pada proses
belajar
|
|
|
|
|
|
6
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
Keterangan
5:Sangat sering
4:Sering
3:Cukup sering
2:Tidak sering
1:Sangat tidak sering
2. Descriptive
Graphic Rating Scale
No.
|
Aspek yang di
ukur
|
Alternatif
Penilaian
|
||
Kategori
|
Grafik
|
Kategori
|
||
1.
|
Pandai berbicara depan kelas
|
SangatPandai
|
! ! ! ! !
|
Tidak Pandai
|
2.
|
Menarik kesimpulan
|
Sangat akurat
|
! ! ! ! !
|
Tidak akurat
|
3
|
Aktivitas siswa
|
Sangat Aktif
|
! ! ! ! !
|
Tidak aktif
|
4
|
Memberikan sanggahan
|
Sangat Lancar
|
! ! ! ! !
|
Tidak lancar
|
5
|
Menerima pendapat orang lain
|
Menghargai
|
! ! ! ! !
|
Tidak menghargai
|
B. Bagan
Partisipasi
No.
|
Nama
|
Kualitas
Kontribusi
|
|||
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
1
|
Ika
|
|
|
|
|
2
|
Risal
|
|
|
|
|
3
|
Wana
|
|
|
|
|
4
|
Sari
|
|
|
|
|
5
|
Ciwan
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat baik:Menyampaikan gagasan
baru
Baik:Menyampaikan pendapat yang
logis
Cukup:Menyampaikan pendapat yang
tidak logis
Kurang:Menyampaikan pendapat yang
tidak releven
C. Observasi
No.
|
Siswa
|
Aktivitas
Siswa
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7a
|
7b
|
7c
|
||
1
|
Tenri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Uppa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kiki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Fitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Yuyun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Iyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.Menyimak
penjelasan guru
2. Kerjasama di
kelompoknya
3.Aktif berdiskusi
4.Mengeluarkan pendapat
yang logis
5.Mengajukan pertanyaan
yang relevan
6.Menjawab pertanyaan
dengan benar dan tepat
7.Perulaku yang tidak
relevan dalam KBM
a.
Membicarakan ha-hal yang tidak berhubungan dengan materi
b.
Keluar masuk kelas
c.Bermain-main
D. Self
Assesment
No.
|
Keluarga dan
perubahan sosial
|
Tanggapan
|
|
1
|
0
|
||
1
|
Perubahan sosual secara umum
|
|
|
2
|
Industrial dan perubahan keluarga
|
|
|
3
|
Pengaruh perubahan-perubahan teknologi
dan ekonomi
|
|
|
4
|
Perubahan-perubahan dalam struktur
keluarga
|
|
|
Keterangan:
1:Mengerti
0:Tidak mengrti
Komentar
Posting Komentar