Instrumen non tes



Aktivitas Mahasiswa
A.    Skala Lajuan
1.      Numerical rating scale
No.
Aspek yang di ukur
Alternatif Penilaian
1
2
3
4
5
1
Mengerjakan tugas dengan baik





2
Mengumpulkan tugas tepat waktu





3
Berbicara baik dan sopan kepada guru





4
Tertib didalam kelas





5
Memerhatikan guru pada saat proses belajar berlangsung





6
Tudak menggunakan HP pada saat belajar





Keterangan
5:Sangat sering
4:Sering
3:Cukup sering
2:Tidak sering
1:Sangat tidak sering
2.      Descriptive Graphic Rating  Scale
No.
Aspek yang di ukur
Alternatif Penilaian
Kategori
Grafik
Kategori
1.
Mengajukan pendapat
Sangat logis
! ! ! ! !
Tidak logis
2.
Memberikan pertanyaan
Sangat tepat
! ! ! ! !
Sangat tepat
3
Aktivitas siswa
Sangat Aktif
! ! ! ! !
Tidak aktif
4
Menyangga jawaban yg telah diberikan
Sangat Lancar
! ! ! ! !
Tidak lancar
5
Memberikan kesimpulan
Sangat akurat
! ! ! ! !
Tidak akurat
B.     Bagan Partisipasi
No.
Nama
Kualitas Kontribusi
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
1
Doni




2
Ifa




3
Tini




4
Wiwi




5
Sandra




Keterangan:
Sangat baik:Menyampaikan gagasan baru
Baik:Menyampaikan pendapat yang logis
Cukup:Menyampaikan pendapat yang tidak logis
Kurang:Menyampaikan pendapat yang tidak releven

C.     Observasi
No.
Siswa
Aktivitas Siswa
1
2
3
4
5
6
7a
7b
7c
1
Dodi









2
Renaldi









3
Ika









4
Sartika









5
Dewi









6
Sasa









7
Indah









8
Ilham









Keterangan:
            1.Menyimak penjelasan guru
2. Kerjasama di kelompoknya
3.Aktif berdiskusi
4.Mengeluarkan pendapat yang logis
5.Mengajukan pertanyaan yang relevan
6.Menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat
7.Perulaku yang tidak relevan dalam KBM
a. Membicarakan ha-hal yang tidak berhubungan dengan materi
b. Keluar masuk kelas
c.Bermain-main                   
D.    Self Assesment
No.
Bentuk-Bentuk Asal Keluarga
Tanggapan
1
0
1
Masalah asal mula keluarga


2
Teori-teori asal mula keluarga


3
Kondisi-kondisi Pertumbuhan keluarga


4
Keluarga inti dan keluarga besar


5
Bentuk-bentuk perkawinan


Keterangan:
1:Mengerti
0:Tidak mengrti



Tugas Mahasiswa
A.     Skala Lajuan
1.      Numerical rating scale
No.
Aspek yang di ukur
Alternatif Penilaian
1
2
3
4
5
1
Masuk belajar tepat waktu





2
Aktif dalam proses belajar





3
Ikut berpartisipasi dalam diskusi





4
Berpakain rapi





5
Tidak bermain dalam pada proses belajar





6
Mengumpulkan tugas tepat waktu





Keterangan
5:Sangat sering
4:Sering
3:Cukup sering
2:Tidak sering
1:Sangat tidak sering
2.      Descriptive Graphic Rating  Scale
No.
Aspek yang di ukur
Alternatif Penilaian
Kategori
Grafik
Kategori
1.
Pandai berbicara depan kelas
SangatPandai
! ! ! ! !
Tidak Pandai
2.
Menarik kesimpulan
Sangat akurat
! ! ! ! !
Tidak akurat
3
Aktivitas siswa
Sangat Aktif
! ! ! ! !
Tidak aktif
4
Memberikan sanggahan
Sangat Lancar
! ! ! ! !
Tidak lancar
5
Menerima pendapat orang lain
Menghargai
! ! ! ! !
Tidak menghargai
B.     Bagan Partisipasi
No.
Nama
Kualitas Kontribusi
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
1
Ika




2
Risal




3
Wana




4
Sari




5
Ciwan




Keterangan:
Sangat baik:Menyampaikan gagasan baru
Baik:Menyampaikan pendapat yang logis
Cukup:Menyampaikan pendapat yang tidak logis
Kurang:Menyampaikan pendapat yang tidak releven
C.     Observasi
No.
Siswa
Aktivitas Siswa
1
2
3
4
5
6
7a
7b
7c
1
Tenri









2
Ria









3
Uppa









4
Kiki









5
Fitri









6
Yuyun









7
Ifa









8
Iyan









Keterangan:
            1.Menyimak penjelasan guru
2. Kerjasama di kelompoknya
3.Aktif berdiskusi
4.Mengeluarkan pendapat yang logis
5.Mengajukan pertanyaan yang relevan
6.Menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat
7.Perulaku yang tidak relevan dalam KBM
a. Membicarakan ha-hal yang tidak berhubungan dengan materi
b. Keluar masuk kelas
c.Bermain-main
D.    Self Assesment
No.
Keluarga dan perubahan sosial
Tanggapan
1
0
1
Perubahan sosual secara umum


2
Industrial dan perubahan keluarga


3
Pengaruh perubahan-perubahan teknologi dan ekonomi


4
Perubahan-perubahan dalam struktur keluarga


Keterangan:
1:Mengerti
0:Tidak mengrti







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pembelajaran Sosiologi

Instrumen Non Tes